Explore Komodo National Park, Labuan Bajo

Ooohhmmyygoodd, finally akhirnya aku ke Labuan Bajo! Sudah jadi mimpi aku lama banget untuk ngunjungin tempat ini, terutama pink beach dan liat komodo disana. Dulu kalau diinget-inget kaya bingung gitu, kalau mau kesana tuh gimana caranya, naik pesawatnya turun dimana, terus ke pulaunya gimana caranya, dan lain sebagainya.

Tapi memang ya, semakin kesini semakin banyak operator tour dan semakin dimudahkan buat datang kesana. Jadi ga ada alasan lagi buat ga dateng ke Labuan Bajo. Apalagi pas aku tahu @lyladventure dari sahabatku Agnes, dimana dia dan geng travelingnya Bijes pergi kesana pake @lyladventure. Ah gilak langsung super ngiri gw.

Akhirnya kemarin aku dan agie pun berangkat, setelah menunggu-nunggu dari awal tahun.

Hari pertama, kita dijemput di Bandara International Komodo, di Labuan Bajo. Setelah drama delay yang berkepanjangan dari Bali, akhirnya kita sampai. Setelah dari bandara kita langsung diantar ke L Bajo Hotel, kamarnya menghadap langsung ke laut dari ke arah matahari terbenam. Cantik banget! Habis itu kita diajak makan ke TPI Pantai Kampung Ujung. Disini adalah pasar ikan, dimana kita bisa langsung pilih ikan mentahnya, dibakar sama penjualnya, dan kita makan deh. Oh iya, kalau kalian mau beli kain dengan harga yang lebih murah dari toko, kalian juga bisa beli disini, karena banyak yang menjajakan kain.

Esoknya, pagi hari kita harus siap-siap untuk segera berangkat ke dermaga. Sesampainya di dermaga, ternyata rombongan kita cukup banyak ada sekitar 60 orang di bagi ke 5 kapal. Setelah bagi-bagi kapal, kita langsung meluncur ke Kelor Island. Uwuw banget deh, udah ga sabar melihat pemandangan Kelor Island yang super terkenal itu. Ternyata untuk mencapai foto bagus yang sering kita lihat butuh perjuangan yang sulit dan terjal, memanjat tanah berbatu, curam dan berpasir untuk sampai ke puncak, belum panas yang menyengat. Tapi ya memang pemandangan dari atas indah banget.

Lanjut, ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca, pulau ini adalah habitatnya komodo. Selain pulau ini ada beberapa pulau lain, tapi yang bisa dikunjungi turis hanya pulau ini, agar habitat komodo yang lain tidak terganggu. Disini kita harus hiking untuk mendatangi tempat-tempat dimana komodo berada, jangan lupa ikutin istruksi dari para Ranger ya, karena komodo berbahaya buat kita, terutama ludahnya yang beracun.

Hari itu kita menikmati sunset dan bermalam di Pulau Kambing. Pulau yang hanya diisi oleh kambing, dan menikmati kelelawar yang keluar dari sarangnya untuk mencari makan.

Hari ke 3 kita di Kepulauan Komodo, kita mengunjungi Pulau Padar yang terkenal itu, berangkat subuh karena ngejar sunset dan ga kepanasan pas harus hiking ke puncak. Yaaaass ini adalah tempat favorite aku selama di Kepulauan Komodo.

Setelah lelah hiking dan panas-panasan, saatnya nyebur dan menikmati indahnya biota laut di Pink Beach, yang masih terletak di Pulau Padar, tapi sisi belakangnya. Cantik banget guys, dan biota lautnya juga masih asri, banyak dan keren banget viewnya. Tapi hati-hati karena arusnya cukup kencang.

Lanjut makan siang di atas kapal sambil berlayar menuju Pulau Gusung / Taka Makasar. Pulau Gusung ini adalah gundukan pasir yang ada ditengah-tengah laut, tidak ada pohon sama sekali dan membuat kulit cepat gosong. Jangan lupa pakai sunblock yaaa.. Disini kita menghabiskan waktu dengan photo-photo, snorkeling dan berjemur. Malamnya kita menginap di Pulau Kanawa.

Gitu deh keseruan ku di Kepulauan Komodo, pasti banget bakalan balik lagi. Tempatnya terlalu indah utnuk dikunjungi hanya sekali. Pengen lama-lama, dan pengen pergi sama orang-orang terdekat.

Oh iya, yang mabuk laut tenang aja, selama perjalanan aku ga ngerasain mabuk sama sekali koq. Paling penting adalah tetep fit, makan yang banyak terutama habis berenang supaya ga masuk angin, dan tidur jangan terlalu malam.